Senin, 22 Juli 2013

Lombok-Komodo



Ini adalah acara refreshingku di akhir 2010. Setelah sekian bulan berkutat dgn penelitian yang (sumpah) sepanjang tahun bikin kepala nyut2an, akhirnya tepat sore hari setelah presentasi akhir tahun aq langsung ngacir ke bandara sutta........tujuannya adalah Lombok dan Komodo.

Setelah penerbangan selama kurang lebih 1,5 jam, kira2 pkl.22.30 waktu setempat, sampailah kami di bandara Lombok (namae lupa). Oh ya, kami, karena dlm perjalanan ini aq tdk sendirian, tapi berdua dengan teman terbaikku, temen2 menyebut dia ponakanku, Mikel. Dari bandara kami mencari taksi untuk mencari penginepan di Mataram. Oleh penjaga parkir disarankan untuk menunggu taksi di luar bandara, karena relatif lebih murah. Taksi dari dlm bandara dipatok 40rb untuk ke mataram, sementara kalo naik dari luar, menggunakan taksi LK( kalo gak salah Lendang Karun, grup ekspress) kurang dari 15rb. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 15 menit.

Sampai mataram, turunlah kami di sekitar 50m setelah mataram mal (depan mataram mal jalannya satu arah). Puter2 bentar, ketemulah dengan penginapan murah, yg lumayanlah untuk harga 100rb permalam. Wisma Nusantara.

Setelah check in, sholat dan cuci muka ala kadarnya.........keluarlah kita untuk cari makan. Secara di lombok, apalagi kalo bukan ayam taliwang. Tapi......kebayang gak sech, makan ayam taliwang gak pake sambel, cuma pake kecap...........itulah Mikel, anti cabe, baik cabe rawit, cabe merah, cabe hijau apalagi cabe dech!(ihk, gayus bgt ye!). Setelah hampir 1jam nongkrong, hujan turun dengan derasnya............alhasil, kita balik ke penginepan dengan berlari2, jd inget pas SD main ujan2an.......bedanya, kalo dulu abis keujanan tetep sehat, skrg...........kena batuk. alamak!!!!!!!!!!

Paginya, kita langsung ke kantor PERAMA di jalan Pejanggik. Sebenarnya depan mataram mal sudah jalan pejanggik, makanya aq berpikir gak bakal jalan jauh. Ternyata..........lumayan. Udahlah bawaan berat, gak pake stretching (tulisane bener gak sech?). Dugh, punggungku jd pegel smua.

Sampai di kantor PERAMA kita disambut dengan ramah oleh pegawai disana. Kami di beri kaos bertuliskan "Komodo". Oh ya, tour "komodo" ini adalah sailing tour (apa trip yah?), jadi selama tour (seharusnya 5 hari 4 malam) kita akan kambal kambul di atas kapal. Pokmen ngapa2in di atas kapal , kecuali kalo snorkeling yeee, di atas laut.:-). Perama menyediakan 2 kelas, kelas deck dan kabin. Kelas kabin, dengan harga 4jt, akan mendapatkan kamar yg sangat kecil (ada yg bilang, bukan aq lho, kyk kandang ayam). Kelas deck, seharga 3jt, kita tidur rame2 di deck.tp menurutku ini lebih asik. Lebih seru. Oh ya, lanjut ke perjalanan.

Dari kantor PERAMA mataram, kita berangkat jam 9.30 waktu setempat. Bus yg akan membawa kami ke kapal, datang dari Senggigi. Saat kami masuk ke bus, tersisa hanya 2 kursi di bagian paling depan dan belakang, terhenyaklah kami. et dah, bule smua. Dari 19 org, hanya kami ber2 yg lokal.

Dari kantor PERAMA, dimulailah "tour komodo". tujuan pertama, mataram mal. Halah! Sebelum turun, sang tour guide (mas Hadi) ngasih tau qt untuk beli keperluan2 pribadi untuk di atas kapal selama 5 hari. Dia bilang kalo minuman semacam sprite tersedia di kapal, karenanya aq gak beli tuh minuman. Bener sech tersedia, bukan cuma minuman, tapi cemilan2........tapi, musti beli. Minuman sprite, pocari kaleng 330ml dijual dengan harga 11rb. Tau gtu aq beli se-dus di mal. Setelah sekitar 30 menit , perjalanan dilanjutkan ke Masbagik, untuk melihat proses pembuatan tembikar. Sekitar setengah jam kemudian, perjalanan dilanjutkan lagi menuju kapal yang akan membawa kami berlayar. Sebelum naik kapal, kami naik kapal2an (bangunan kyk kapal tapi di tepi pantai, atau.... kapal beneran kali ya? tau ah, gelap, pokmen gitu degh!) sambil disuguhi "welcome drink", teh atawa kopi dengan pisang goreng, sambil mendengarkan briefing dari mas Hadi dalam bahasa English yang cukup kumengerti. Finally..............Kira2 Pkl.14.00 dimulailah tour kambal-kambul di atas laut. Hore.........qt naik kapal.

The 1st destination is.......Pulau Perama. Sebenarnya ni pulau punya nama (heheh, lupa), tapi karena dikelola oleh perama, ya sebut aja begitu. Disini kita bisa macem2. Snorkeling, beaching, keliling2, maen voli, maen pasir, melamun juga boleh (asik jg lho melamun, sambil melihat sepasang bule yg lagi romi2an, jadi berkhayal.... datang kesini bersama suami tercinta......uindah.......tapi.....koq wajah sang suami bureng ya?kikikikiki). Sebagai pecinta laut (khan nenek moyangku pelaut), tentu saja kegiatan yang kami pilih adalah snorkeling. kalo para bule langsung nyemplung dengan hanya berbekal masker, aq harus rela menunggu 15menitan karena life vest yang kubawa talinya hilang disatu sisi. Qt ber2 gak berani terlalu ke tengah, secara, walaupun pake life vest, tanpa fin susah buat bergerak. Kebayang ajah, udah pake life vest yang warnanya orange ngejreng, sampe tengah laut, kebawa ombak ma angin, gak bisa balik trus minta pertolongan bunyiin pluit........pritttttttttttt, priiiiiiiiittttttttt, apa gak malu tuh!mau ditaruh dimana ni muka (ya di kepala lah, masa iya di pantat,tul gak?ngomong dewek dijawab dewek!)
Di sini.....ikan ma karangnya lumayan bagus. Pulau seribu ama tanjung benoa kalah dech! setelah cibang cibung selama 1-1,5jam, kita lanjut muterin pulau, foto2. Abis tuh mandi......hunting sunset, sambil menunggu acara bakar2an (kirain ikan, taunya ayam). Sambil makan, kita dengerin para kru kapal pada menyanyi sambil gitaran. Tadinya aq mo nyumbang nyanyi "cinta 1 malam", tapi gak ada yg bisa nggitarin tuh lagu. Batal dech! Padahal dah siap dengan gerakan angka 11 kyk si Melinda. Abis tuh............nari Poco2. Gerakan pertama ajah gampang, selanjutnya.........sulit dimengerti, apalagi diikuti. Jam 20.00 Kita kembali ke kapal. Perjalanan dilanjutkan.
Hari ke-2, pkl 06.00, setelah sholat subuh aq duduk2 di depan kapal, sambil tak lupa.........bawa kamera. Hunting sunrise.